Insektisida Asap Cair

Apakah benar asap cair dapat dipakai sebagai insektisida? Mohon penjelasannya.

Nasirman, Bekasi, Jawa Barat

Tambahkan komentar
  • 1 Answer(s)

    Asap cair yang diproduksi dari tempurung atau batok kelapa memang mempunyai kemampuan sebagai insektisida alami. Itu tidak lepas dari keberadaan senyawa seperti asam asetat dan fenol pada asap cair. Asam asetat bersifat fungisida, anticendawan, serta antibakteri. Fenol? Ia bersifat repelen atau menolak, sehingga serangga akan menyingkir saat mencium aromanya. Kombinasi kedua senyawa tersebut membuat asap cair cukup efektif menjadi insektisida alami untuk mengatasi hama.

    Sebagai gambaran, asam asetat asap cair mampu “mematikan” larva hama penggerek batang yang menjadi momok bagi pekebun maupun pehobi tanaman buah. Kulit larva hama penggerek tersebut dapat koyak dan rusak oleh asam asetat asap cair.

    Aplikasi asap cair sebagai insektisida memang masih sedikit lantaran terkendala ketersediaan pasokan asap cair dan hitung-hitungan ekonomis lainnya. Pekebun, misalnya, akan lebih memilih insektisida kimia lantaran kecepatan dalam “membunuh” hama lebih mumpuni dibandingkan insektisida alami. Namun pada penggunaan jangka panjang, insektisida kimia akan berefek merusak lingkungan dibandingkan asap cair sebagai insektisida alami yang ramah lingkungan.

    Nasirman Default Answered on 24/07/2016.
    Tambahkan komentar

    Your Answer

    Dengan menjawab pertanyaan, Anda setuju dengan privacy policy and terms of service.